AHM Best Student 2018 Lahirkan Wirausaha Milenial

Jakarta – Semangat berwirausaha secara kreatif sedang menjadi tren saat ini, termasuk di kalangan generasi milenial. PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil menyeleksi dan mengukuhkan 26 siswa setingkat SMA sebagai wirausaha muda cerdas, kreatif dan berbakat melalui rangkaian Grand Final AHM Best Student (AHMBS) 2018.

Seleksi final terhadap para wirausaha muda milenial peserta AHMBS 2018 diselenggarakan di Jakarta, Jumat (3/8/2018). Mereka mewakili generasi milenial berprestasi di Indonesia yang melewati proses kompetisi ketat secara berjenjang yang diikuti sebanyak 353 siswa kelas XII SMA/SMK/Madrasah Aliyah dari 241 sekolah di seluruh Indonesia. Dibantu jaringan main dealer sepeda motor Honda, para pebisnis milenial ini beradu kreativitas bisnis di tengah komitmen mereka menimba berbagai ilmu sekolah masing-masing.

_(Kiri – Kanan) Ketua Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) I Putu Astawa besama jajaran pengurus YAHM menyerahkan beasiswa kepada seluruh peserta Astra Honda Best Student 2018 dengan total nilai 54 juta._

Memasuki tahun pelaksanaan ke-16, AHMBS 2018 mengusung tema “The Millenial Race of Young Entrepreneur” Identitas ini menegaskan AHMBS sebagai kegiatan yang sangat kompetitif dengan peserta terbaik, yakni wirausaha kreatif yang lahir dari generasi milenial dan memiliki karakter khas, yaitu kreatif, percaya diri, serta akrab dengan teknologi khususnya media sosial.

Dalam proses penjurian final di Jakarta, karya 26 siswa terbaik diverifikasi tim AHM bersama PPM School of Management. Semua siswa wajib melakukan presentasi di hadapan dewan juri. Penilaian juri meliputi beragam aspek, yaitu kreativitas bisnis, kinerja bisnis, pemanfaatan media sosial, prospek bisnis, kegigihan dalam mengembangkan usaha bisnis, dan kemampuan memaparkan bisnisnya hadapan dewan juri.

_General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin foto bersama dengan 6 peserta pemenang AHMBS 2018 yakni (kiri-kanan) Desak Made Marysha Dewi dari Bali, Jenal Asikin dari Jawa Tengah, Sadira Auliyannisak dari Batam, Azizatus Sa’diyah dari Jawa Timur, Yohanes Ady Prabowo dari Bandar Lampung dan Sahrul Hikam dari Tangerang. _

Dari hasil presentasi 26 wirausaha muda AHMBS, dipilih enam finalis juara, yaitu 5 siswa terbaik hasil dari seleksi dan satu siswa yang berhasil meraih Golden Ticket. Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini AHMBS memberi apresiasi khusus bagi siswa yang banyak mempromosikan usahanya melalui media sosial Instagram dan juga mention akun media sosial @Sahabat1Hati. Peserta dengan like terbanyak, serta penilaian kualitas dan kreativitas video terbaik mendapatkan Golden Ticket yang berhak langsung mengikuti babak seleksi finalis, tanpa mengikuti tahapan seleksi presentasi.

_Best of the Best Student 2018, Azizatus Sa’diyah Prasetyo dari SMK Turen Malang, perwakilan main dealer PT Mitra Pinasthika Mulia Surabaya menerima apresiasi dari PT Astra Honda Motor (AHM) berupa sepeda motor Honda BeAT eSP yang diserahkan oleh General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbudin_

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan semangat generasi muda merupakan aset bangsa yang harus cerdas dan kreatif, sehingga dapat berkontribusi signifikan terhadap kemajuan bangsa. Oleh karena itu, AHMBS tahun ini semakin fokus mendukung kreativitas siswa SMA yang menjalankan bisnis dengan manfaat luas untuk masyarakat sekitarnya.

”Kami ingin berkontribusi agar bangsa ini dapat melahirkan jutaan pengusaha muda kreatif dan mandiri yang akan menopang perekonomian nasional dari sektor informal. Kami harap karya siswa peserta AHMBS ini akan mendorong lahirnya wirausaha muda kreatif sekaligus menumbuhkan semangat enterprenuer di kalangan generasi muda,” ujar Muhibbuddin.

Dalam rangkaian Grand Final AHMBS 2018 ini, AHM memberikan pembekalan lanjutan bagi para peserta. Bukan hanya dalam proses penjurian final, namun AHM juga memberikan pengayaan ilmu wirausaha untuk mendukung pengembangan bisnis para siswa kedepannya.

Kali ini, dihadirkan pengusaha muda yang pernah menjuarai AHMBS periode sebelumnya yaitu Muhammad Assad yang banyak memanfaatkan media sosial dalam mengembangkan usahanya. Jawara AHMBS ini berbagi cerita yang diharapkan dapat menginspirasi para peserta AHMBS 2018.

Untuk menciptakan fondasi network yang kokoh antar peserta AHMBS di masa mendatang, AHM mengemas program ini dengan mengajak anak-anak muda milenial ini menaklukkan tantangan kelompok yang dikemas dalam aktivitas AHMBS Amazing Race di Sentul, Bogor. Kegiatan ini bertujuan melatih kerjasama, kemampuan memecahkan masalah, dan kreativitas bisnis.

_Direktur HR, GA, IT, and SI AHM Markus Budiman, General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin, Head of AHM plant Sunter Muhamad Dadan P.W berdiskusi dengan peserta AHM Best Student di sela-sela kunjungan pabrik di Jakarta, Rabu (01/08). Melalui AHM Best Student 2018, AHM menjaring 26 siswa berbakat dari 353 siswa setingkat SMA melalui seleksi berjenjang di berbagai provinsi untuk mendorong lahirnya wirausaha muda kreatif sekaligus menumbuhkan semangat enterprenuer di kalangan generasi muda._

Para wirausaha muda AHMBS 2018 juga akan dihibur penyanyi dan aktor Rizky Febian. Penyanyi yang pernah menduduki Top Chart iTunes ini diharapkan menginspirasi peserta AHMBS atas konsistensinya mengembangkan bakat.

Berhadiah Honda BeAT

Seleksi siswa berjiwa enterpreuner pada AHMBS 2018 ini menetapkan para pemenang dengan hadiah utama 1 unit Honda BeAt untuk Best of the Best Student AHMBS 2018. Hadiah ini diharapkan dapat mendukung aktivitas kesehariannya dalam mewujudkan mimpi. Selain itu, semua finalis yang menempati posisi enam besar mendapatkan hadiah masing-masing berupa gadget untuk mendukung operasional bisnisnya.

AHMBS 2018 juga memberikan penghargaan kepada satu peserta sebagai favorit pilihan main dealer Honda dan siswa peserta. Apresiasi juga diberikan untuk tiga peserta yang menunjukkan kreasi terbaik dengan memanfaatkan media social.

Semua peserta finalis AHMBS 2018 yang masuk dalam babak final (26 siswa) juga berhak mendapatkan beasiswa pendidikan dengan total sebesar Rp54 juta.

AHMBS 2018 turut didukung oleh Yayasan AHM dan anak perusahaan AHM yaitu PT Suryaraya Rubberindo Industries, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, PT Showa Indonesia Manufacturing, dan PT Musashi Auto Parts Indonesia.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.