Tips : cerita mimin menjaga Gear + rantai motor agar awet

ini dia gear dan rantai yang seharusnya tahan lama hingga 24.000KM

Batam –  Assalammualaikum guys, holla apa kabar kalian para pembaca setia batammotovlog.com semoga kalian dalam keadaan sehat walafiat ya guys,, jadi mimin kali ini mau share berdasarkan pengalaman mimin pribadi guys.. ya sekalian bereksperimen tentang cara perawatan rantai dan saudaranya Gear secara benar, kenapa? karna mimin banyak sekali menemukan artikel – artikel yang membuat kepala mimin bertanya – tanya,

harus pakai minyak goreng lah, oli bekas lah, chainlube lah.. onde mande.. paniang palo mimin,, dan melihat kasus yang mimin hadapi. sangat menjadi pelajaran buat mimin.

Contoh Gear dan Rantai yang tidak terawat
Contoh Gear dan Rantai yang tidak terawat karna mimin tidak telaten guys..

oh ia sebelumnya sekedar info motor ini sudah mimin pakai lebih kurang 8 bulanan di tahun 2017 ini guys.. dan jarak tempuhnya udah 11k KM guys.. belm setahun nih hehehe, kalau kata temen mimin ni motor doyan jalan, padahal faktanya cuma di bawa Pulang pergi buat Kerja doang. ya campur jalan dikit buat anter istri kemana yang dia mau. belum di pakek buat SUNMORI – SATMORI Ataupun City Rolling dan Mini Touring. pure buat nganter – nganter car nafkah buat keluarga.

bah liat kan udah 11k lebih noh jarak tempuhnya, belum setahun padahal.
nah liat kan udah 11k lebih noh jarak tempuhnya, belum setahun padahal.

tanggal 1 November 2017 kemarin tepatnya hari Senin, mimin dan istri berangkat seperti biasa pergi kerja pagi – pagi buta ( maklum Jauh tempatnya kerjaan kami ) nah di jalan mimin ngerasa kok gak enak banget tarikannya si CiBeu ini.. pas mimin udah sampai kantor wah ini kudu ganti gear + Rante nya nih.. tapi mimin masih sedikit ragu karna masih lumayan lah.. tapi penasaran guys, jam istikomah eh istirahat mimin sempatkan mampir ke Bengkel AHASS di Main Dealer Honda di merapi subur, sebelum daftar mimin tanya ke abg mekanik yang lagi break disana apakah kondisi seperti ini memang sudah layak ganti ( sambil menunjuk ke gear yang sengklek ), dan abg mekanik nya berkata, wah ini mah sudah wajib kudu bin harus ganti mas.. daftar aja ke dalam dulu nanti saya bongkarkan..

so, tanpa Basah – basi eh, basa basi guys,, mimin daftar lalu tak lama kemudian motor di masukan ke dalam pit. kebetulan AHASS di sini sedang renovasi guys, sedikit bocaran bakal ada 20 PIT guys, wow paling banyak nih.. ok back to the taufik !!

Siap - siap di bongkar nih ma Mekanik AHASS PT. CDN
Siap – siap di bongkar nih sama abg Mekanik AHASS PT. CDN

Ini kali pertamanya si CiBeu (Sebutan sayang mimin ke motor) ganti Part guys, dan partnya harus yang genuine (asli) jangan yang sembarangan dan yang pasti lagi bengkelnya harus bengkel resmi yaitu AHASS. kenapa? karna cuma disini yang mengerti keadaan si motor dan yang empunyanya, alias sudah ada list recordnya.

singkat cerita ni motor sudah di bongkar penasaran gak mau lihat gear yang depan? dan juga rantenya sudah oglak.. em ntar lagi putus tuh,, untung mimin cepet2 ganti ya, dan kemarin juga ada 2 mekanik bilang ke mimin,

ini dia gear dan rantai yang seharusnya tahan lama hingga 24.000KM
ini dia gear dan rantai yang seharusnya tahan lama hingga 24.000KM

” Wah pak ini jarang kasih pelumas ya pak? berkarat dan kering, coba nanti pak setelah pakai set yang baru ini bapak lumasi pakai oli gear matic pak, cuma Rp. 12k aja kok pak ada.” kata abg mekanik yang saya lp menanyakan namanya.

nah ini dia yang di bilang abg mekanik tadi guys
nah ini dia yang di bilang abg mekanik tadi guys

tanpa pikir panjang langsung saya pesan di bagian sparepartnya. alhasil dapet guys,, jadi saya akan lumasi tu rante pakek beginian. positif thingkingnya dengan kejadian ini saya banyak belajar guys.. dan terus belajar..

bagi yang kepo sama harganya nih mimin kasih tau rinciannya :

  1.  Chain kit (Gear depan, belakang, + Rante ) harganya Rp. 280k
  2. Oli Gear ( Oli Buat Lumasin rante ini mimin bawa pulang ) harganya Rp. 12k
  3. Ongkos Jasa Pemasangan Chain Kit harganya Rp. 45k

Jadi Total keseluruhan mimin membayar Rp. 337k mahal apa tidak ? tergantung posisi keuangan kita dimana..

Alhamdulillah sudah terpasang Gear dan Rantai Genuine Part Honda
Alhamdulillah sudah terpasang Gear dan Rantai Genuine Part Honda yang baru guys. rawat terus ya part motor kalian biar tidak terjadi seperti saya

itu aja guys, semoga ada manfaatnya ya guys,, sampai ketemu lagi di tips selanjutnya..

i’am all about adys aa batam motovlog sign out !!! PEACE !!!

3 Replies to “Tips : cerita mimin menjaga Gear + rantai motor agar awet”

  1. Wohh mantab nih sharing2 pengalamannya…

    1. wah makasih mas sudah mampir.. iseng2 nulis pengalaman kebodohan sya mas. hehehe

  2. Ane juga owner dari new cb150, motor baru seminggu ane beli langsung ane ganti tuh gir sama rantai nya pake aftermarket.

    Gir rantai ori AHM gak layak pakai kalo menurut ane, jadi ane ganti aftermarket Sinnob atau SSS yg harga nya 450-650rb.
    Lebih layak dipakai. Haha

    Ane berharap kedepannya AHM jual motor kelas 150cc tanpa include gir rantai dan helm, kecuali udah di upgrade kualitasnya.
    Karena barang tsb terkesan ‘apa adanya’ utk kelas 150cc.

Leave a Reply