Honda Bekerjasama dengan SMKN 1 Gunung Kijang, Kembangkan Labortorium Kultur Jaringan

Kepri – PT Astra Honda Motor (AHM) dan PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) dengan SMK Negeri 1 Gunung Kijang sepakat untuk mengadakan kerjasama kegiatan lingkungan dalam bentuk pengembangan laboratorium kultur jaringan sebagai generator bibit untuk penghijauan dalam program Go Green With Honda yang berlokasi di SMK Negeri 1 Gunung Kijang – Pulau Bintan. Ruang lingkup kerjasama yang dimaksud adalah Pengembangan kurikulum dan labotorium Kultur Jaringan Sekolah Menengah Kejuruan dengan melakukan kegiatan produksi bibit pohon, distribusi bibit pohon hingga pemeliharaan tanaman.

Kultur jaringan yang dimaksud merupakan salah satu metode perbanyakan tanaman secara vegetative dengan cara mengisolasi bagian tanaman seperti daun, mata tunas, serta menumbuhkan bagian-bagian tersebut dalam media buatan secara aseptik yang kaya nutrisi dan zat pengatur tumbuh dalam wadah tertutup yang tembus cahaya sehingga bagian tanaman dapat memperbanyak diri dan bergenerasi menjadi tanaman lengkap. Perbanyakan tanaman melalui kultur jaringan (*in vitro*) menawarkan peluang besar untuk menghasilkan jumlah bibit tanaman yang banyak dalam waktu relatif singkat, sehingga lebih ekonomis.

Bibit yang dihasilkan dari kultur jaringan mempunyai beberapa keunggulan, antara lain:

  • mempunyai sifat yang identik dengan induknya
  • dapat diperbanyak dalam jumlah yang besar sehingga tidak terlalu membutuhkan tempat yang luas,
  • mampu menghasilkan bibit dengan jumlah besar dalam waktu yang singkat
  • kesehatan dan mutu bibit lebih terjamin
  • kecepatan tumbuh bibit lebih cepat dibandingkan dengan perbanyakan konvensional.

Di moment tersebut, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Gunung Kijang – Pulau Bintan, Suhono, S.Pd mengucapkan terima kasih kepada PT AHM dan PT Capella Dinamik Nusantara yang kerap menggulirkan program kerjasama dengan dunia pendidikan. Sebelumnya program senada juga telah di lakukan untuk Sekolah Menengah Kejuruan jurusan Teknik Sepeda Motor Roda Dua di wilayah Kepulauan Riau, program tersebut yang sering di sebut dengan TSM atau teknik sepeda motor khususnya roda dua.

Sementara di tempat terpisah, Regional Head PT Capella Dinamik Nusantara Wilayah Kepulauan Riau, Arifin juga mengungkapkan terima kasih kepada SMK Negeri 1 Gunung Kijang – Pulau Bintan yang telah menjalin kerjasama dengan Honda. Baginya ini wujud nyata komitmen Honda untuk berbagi dalam dunia ilmu pengetahuan dimana dalam jangka waktu dekat juga akan diresmikan Kerjasama Kurikulum Teknik Sepeda Motor Honda dengan SMK Negeri 1 Gunung Kijang.

Arifin juga menambahkan, program Go Green with Honda (Kultur Jaringan) ini merupakan kelanjutan dari program Go Green with Honda yang telah AHM lakukan sejak tahun 2009, dimana AHM membangun dan mengembangkan laboratorium kultur jaringan untuk menghasilkan bibit yang akan didistribusikan ke mitra kerja dan selanjutnya mitra kerja akan menanam bibit tersebut di berbagai lokasi.

 “Honda ikut memperhatikan kondisi lingkungan, utamanya isu pemanasan global. Kita mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan dengan menghemat bahan bakar sekaligus menjaga emisi gas buang. Hal ini juga ini merupakan dibuktikan juga dengan komitmen Honda sebagai pionir dari produk Fuel Injection,” lanjut Arifin

Leave a Reply